Tuesday, July 12, 2011

Sister's Birthday And New View of Life.

Adalah hal sepele sebenarnya yang mau saya tulis hari ini. Pada Selasa, 12 Juli 2011 ini, saudara perempuan (sister) saya berulang tahun yang ke sweet-XX. (Rahasia lhooo....) Seiring waktu saya merasa pertambahan umur adalah hal yang biasa, termasuk juga ketika hari ulang tahun itu datang. Baru saja saya ngobrol dengan sister saya ini, dan tiba-tiba rasanya hari ulang tahun adalah hal yang tidak biasa, ini luar biasa! Padahal ini bukan ulang tahun saya lho, ini ulang tahun orang lain. Kenapa bisa-bisanya saya merasa luar biasa? Nah, sayapun mencoba menggunakan afeksi dan kognisi saya secara simultan untuk menilai kenapa bisa jadi begini. Jadi kesimpulannya adalah karena................. ntar dulu ah, saya cerita dulu....

Jadi, saya 'ketemu gede' dengan sister saya ini, saat sedang kuliah. Kami bukanlah saudara kandung, bukan pula sepupu dekat, tapi satu yang pasti kami bersaudara karena adanya embel-embel marga yang sama di belakang nama kami. Itu artinya kami saudara seketurunan, walau entah dari berapa keturunan di atas kami kalau dirunut. Pada saat awal bertemu dan berkenalan saya merasa dia adalah orang yang bersahaja, simpel dan mandiri. Dia berbeda dengan mainstream anak-anak lainnya di lingkungan kampus kami yang mayoritas 'kelihatan' sengaja bergaya, bergaul dan berusaha menonjolkan diri. Singkat kata, dia orang yang dari penampilan luarnya tidak akan bisa ditebak: sekaya apakah dia, darimanakah asalnya, sepintar apakah otaknya, dsb.

Karena kami bersaudara, maka untuk menjadi dekat bukanlah hal yang sulit. Kami belajar bersama, main bersama, sering makan bersama dan banyak ngobrol heart to heart. Karena salah satu elemen saya adalah berbicara (talking - as i wrote in the first posting), maka saya menemukan satu tandem yang seimbang untuk bicara pada berbagai tingkatan tapi tidak lupa dengan pijakan. Saya bicara banyak hal dengan dia tanpa menjadi absurd. (Lain kalau bercanda, ya tetap gila lah, asal aja ngomongnya,haha..love that moments sis, rawrrrrr)

Di tengah perjalanan kami, saya menilai kalau dia ini orang yang boring karena sering kali komentar-komentarnya tidak antusias, datar dan seolah-olah apatis. Rasanya menjatuhkan mood-saat-itu, tidak sesuai dengan apa yg saya harapkan (kurang cocok nih jadi partner-in-crime). Namun ketika kepala ini sudah bersih dari emosi dan kepentingan, sehingga bisa menilai secara objektif, barulah saya menyadari dan mengerti bahwa dia ternyata adalah orang yang matang, tulus, realistis dan jauh dari konflik.(Dia phlegmatis bo!) Semua tindakan dan kata-katanya mengacu pada sifat-sifat tadi. Yah, sekilas memang rasanya seolah tidak menyenangkan, tapi kalau dipikirkan lagi,ternyata sangat bagus untuk hubungan jangka panjang a.k.a kehidupan. (Saya teringat pepatah  "seperti kembang api, makin besar apinya, makin cepat habisnya"). Perkataan dan tindak-tanduknya memang jarang yang spektakuler, malah seringnya low-profile, tapi jarang sekali dia berkonflik dengan orang-orang.

Melalui dia, saya menyadari bahwa hidup tidak melulu soal hal yang seru-seru seperti kembang api. Kembang api adalah hal yang insidentil, percis seperti momen-momen seru yang hanya butuh sesekali dalam kehidupan. Tapi hampir sepanjang waktu kita membutuhkan sesuatu yang biasa saja, realistis dan matang (mau menghindari konflik, atau senang konflik, up to you, both are choices, i respect choice). Pada umumnya pertemanan saya yang diwarnai banyak kembang api sangat indah dan berakhir dengan singkat, ada beberapa malah di mana kembang apinya melukai saya, so i guess that is not what i'm looking for.

Siang ini saat saya ngobrol sedikit dengannya, saya pun merasakan kegembiraan yang dia rasakan. Saya rasa itu cuma sugesti, tapi sugesti dapat lahir dari perasaan. Perasaan saya terbentuk dari pengalaman kami. Bagaimana kesan pertama saya, kesan kedua saya, kesan ketiga saya, dst, hingga saya menyadari sesuatu cara pandang baru, a new view of life. Thx sis, for this simple thing  yet meaningful, sehingga perasaan luar biasa bisa saya rasakan hanya dengan "sedikit ngobrol".

hepi buzday tr**t..haha
Happy Birthday my dear sister A*****_________
I never had a close S****** sister before____
But now i have, it feels so great____________
I wish a lot of happiness and blessing for you
now and onward________________________________






No comments:

Post a Comment